5 Cara Menghidupkan Laptop ASUS Yang Mati Total Baterai Tanam

Cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam. Laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat disebabkan beberapa faktor. Bahkan pada kasus tertentu laptop baterai tanam tidak bisa di charge (dicas).

Umumnya cara menyalakan laptop adalah dengan sekali menekan tombol power. Disisi lain, penggunaan baterai tanam pada laptop ASUS dapat membuat seseorang merasa gugup ketika tiba-tiba tidak bisa menyala.

mengatasi atau memperbaiki laptop asus baterai tanam yang tidak bisa menyala

Design dinamis, body ramping dan memakai layar LED pada ASUS menjadikan daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Secanggih apapun inovasi laptop yang menggunakan baterai tanam (non removeble) akan jadi permasalahan jika laptop tidak bisa hidup.

Menu Force Reset yang disediakan oleh suatu produsen baterai tanam merupakan teknik dasar dengan tujuan untuk mengosongkan memory dan mengoptimalkan kembali sistem Bios dan perangkat keras pada laptop.

Cara kerja Force Reset adalah memaksakan semua proses data yang berjalan agar berhenti, kemudian antara koneksi bios dan perangkat keras dikembalikan kedalam kondisi saat laptop sama sekali belum pernah dinyalakan.

Menggunakan metode force reset tidak akan kehilangan data yang tersimpan dalam memori, karena reset ini hanya menginterupsi baterai tanam perangkat keras dengan Bios.


Penyebab Laptop ASUS Mati Total, Tidak Mau Hidup

1. Overheat

Faktor utama penyebab laptop asus mati sendiri adalah karena Overheat. Debu yang menempel sampai menumpuk di sela-sela saluran udara dapat membuat sirkulasi udara di bawah laptop tidak lancar.

Selain itu, kipas laptop yang terlalu kotor dapat berujung pada kinerja perangkat tidak optimal. Fungsi kipas tersebut ialah sebagai pendingin komponen agar tidak panas.

Ketika suhu didalam laptop naik, maka sensor pendeteksi panas laptop akan menonaktifkan perangkat secara otomatis.

2. RAM Kelebihan Kapasitas - Rusak

Random Accsess Memory atau RAM berperan penting untuk kinerja laptop. Oleh karena itu, ketika perangkat tiba-tiba lemot, banyak orang meng-upgrade RAM untuk meningkatkan kinerjanya.

Tetapi, cara ini dapat menimbulkan masalah baru. Saat RAM di upgrade tidak sesuai sistem laptop, maka berakibat RAM tidak bisa diakses dan memaksa perangkat bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan laptop mati mendadak.

3. Power Adaptor dan Charger Rusak

Adaptor adalah sebuah rangkaian dari berbagai komponen yang berfungsi untuk mengubah sumber tegangan AC menjadi DC. Sedangkan fungsi charger adalah untuk menyeimbangkan sumber tegangan yang masuk ke laptop.

Adaptor dan charge rusak bisa membuat arus listrik yang masuk ke perangkat tidak stabil, sehingga menyebabkan laptop hanya berkedip.

Jika kondisi ini dibiarkan, charger atau power adaptor rusak dapat berpeluang merusak baterai dan laptop dengan cepat.

4. Prosesor Mengalami Masalah

Prosesor adalah inti atau bisa juga dikatakan sebagai otak dari sebuah komputer maupun laptop. Jika prosesor terjadi kerusakan, maka keseluruhan komponen pada laptop tidak akan berkerja secara normal.

Solusinya ialah dengan membersihkan fan prosesor dan heatsink dari debu, serta jalur pembuangan angin.

Buka prosesor tersebut jika iso thermal (pasta prosesor) sudak tidak layak pakai. Bersihkan pasta yang menempel menggunakan sikat gigi dan tisu. Jika sudah bersih ganti dengan pasta yang masih baru.

Setelah itu, pasang prosesor dengan baik dan benar pada tempatnya. Ingat, berhati-hatilah saat memasang prosesor tersebut, usahakan pin tidak terpotong ataupun bengkok.

5. Mainboard Bermasalah

Masalah pada mainboard seperti terjadi konsleting juga sering menyebabkan laptop asus yang menggunakan baterai tanam mati total.

Lepas komponen satu persatu termasuk WIFI Card, Hardisk, DVD dan lain-lain. Bersihkan mainboard dari debu atau kotoran lainnya yang menempel.

Namun sebelum membersihkan mainboard, pastikan komponen lainnya seperti prosesor, RAM, charger, monitor dan power suply dalam kondisi baik.

Setelah itu, cek apakan mainboard bekerja ketika komponen lainnya tidak dipasang, dengan catatan monitor, ram dan hardisk tetap terpasang.

Jika laptop masih tetap tidak bisa menyala, kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen lainnya. Pasang satu persatu komponen tersebut untuk mengetahui masalahnya.

Solusi, Cara Menghidupkan Laptop ASUS Yang Mati Total Baterai Tanam

  • Lepas power adaptor dari charger dari sumber listrik utama yang terhubung ke laptop.
  • Pastikan semua komponen didalam perangkat dalam keadaan bersih.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol "Power" sekitar 30 detik.
  • Setelah itu, pasang atau sambungkan kembali adaptor dan charger ke sumber daya listrik. Usahakan tidak ada soket yang longgar, terutama jak yang terhubung ke laptop.
  • Terakhur cobalah nyalakan laptop.

Jika gagal menggunakan cara diatas, Anda dapat mencoba tipsa yang kedua dibawah ini yaitu cara menghidupkan semua merk laptop yang mati total.

Cara kedua ini adalah dengan melakukan reset pengaturan laptop Anda. Berbeda dengan yang lainnya, pada jenis sistem operasi komputer windows 10 / 8, Anda dalat menekan tombol SHIFT kemudian klik tombol RESTART. Yang perlu Anda ketahui ialah ini memerlukan Password dari profil pengguna yang sudah terdaftar pada laptop, jika Anda lupa password tidak bisa menerapkan tindakan ini.

Berikut adalah cara reset pengaturan laptop dengan menggunakan CD Windows Repair.
  1. Masukkan CD repair kedalam CD Drive di laptop.
  2. Atur laptop supaya memulai Booting dengan menekan tombol masuk ke Menu Bios, kemudian ubah urutan menu booting ke perangkat CD atau USB.
  3. Jika tampilan pada Boot sudah muncul, klik Next.
  4. Selanjutnya pilih "Reapair Your Computer", lalu pilih "Troubleshot" dan terakhir pilih "Reset this PC".
  5. Setelah melalui tahap tersebut muncul 2 pilihan yaitu Remove Everything (pada opsi ini akan menghapus file dari sistem drive) dan Keep My Files (pada opsi ini file tidak akan terhapus).
  6. Berikutnya pilih OS Windows yang Anda gunakan.
  7. Pilih drive yang ingin di reset. Ada dua opsi yakni Only the drive where windows is install dan All drive.
  8. Terkadang juga muncul 2 pilihan lainnya yaitu Just remove my files dan Full cleam the drive. Pilih sesuai opsi yang di inginkan.
  9. Tahap terakhir klik Reset untuk memulai reset sistem.

Baca Juga: Cara Menyalakan Laptop Karena Baterai Habis.

Tips Agar Laptop ASUS Tidak Mati Sendiri

  1. Bersihkan komponen laptop secara berkala, minimal satu bulan sekali.
  2. Hindari penggunaan laptop diatas kasur agar tidak cepat panas dan memastikan sirkulasi udara tetap lancar.
  3. Ganti komponen yang rusak atau yang sudah tidak layak pakai sesuai spesifikasi dan merek laptop.
  4. Pastikan memori utama dan RAM tidak kelebihan kapasitas.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai cara menghidupkam laptop ASUS yang mati total baterai tanam. Jika laptop Anda masih bergaransi bawa ke toko asalnya atau membawanya ke tukang service supaya dilakukan pengecekan dan perbaikan.