Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

12 Cara Ampuh Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih

12 Cara Ampuh Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih

Cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. Cara mengatasi cantengan pada jari tangan dan jempol kaki yang sudah parah bisa diobati dengan obat alami.

Tetapi proses menyembuhkan cantengan bernanah dibutuhkan penanganan yang tepat agar terhindar dari infeksi. Karena cantengan yang sudah parah hanya bisa diatasi dengan operasi. Operasi cantengan hanya boleh dilakukan dokter. Biasanya dokter akan melakukan pencabutan kuku. Setelah itu dokter akan memberikan obat untuk meredakan nyeri.

cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih

Saat ini terdapat berbagai cara untuk menyembuhkan cantengan tanpa operasi. Salah satunya ialah memanfaatkan bahan alami seperti minyak kayu putih. Bahan ini sebagai alternatif selain menggunakan jahe dan bawang putih.

Walaupun banyak obat cantengan apotik, harga obat tersebut relatif agak mahal. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan bahan-bahan yang sudah ada dirumah.

Lantas, bagaimana cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih? Sebelum lanjut ke pembahasan utama, ketahuilah gejala dan faktor apa saja yang menyebabkan cantengan. Supaya kedepannya tidak mengalami cantengan.


Apa Itu Cantengan?

Cantengan adalah kondisi pembengkakan pada sudut jari tangan dan jempol kaki yang ditandai adanya warna kemerahan, terasa panas dan cenat-cenut. Kondisi cantengan yang sudah parah akan disertai nanah putih dan bau tidak sedap.

Umumnya, seseorang yang menderita kuku cantengan akan susah melakukan aktivitas seperti mengangkat beban. Meski cantengan bisa sembuh sendiri, tetapi kondisi ini dapat kambuh kembali dan berisiko terjadi komplikasi. Komplikasi yang disebabkan cantengan bisa berakibat fatal, terutama untuk orang yang memiliki kelainan pembuluh darah atau diabetes.

Gejala Awal Cantengan

Gejala awal cantengan pada jempol kaki dan ujung jari tangan antara lain adalah:
  1. Sela-sela kulit sisi samping kuku tampak bengkak dan kulit terlihat merah.
  2. Kuku yang cantengan terasa nyeri jika tertekan atau tersentuh.
  3. Terlihat adanya cairan (edema) yang menumpuk pada sudut jari atau jempol kaki.
  4. Terjadi pendarahan pada area kulit yang cantengan.
  5. Terdapat kulit kering yang mengelupas dan apabila ditarik terasa sakit.
  6. Adanya peradangan dan pendarahan yang disertai keluarnya nanah.
  7. Kulit jempol kaki keluar darah, nanah dan tumbuhnya kulit berlebih merupukan gejala infeksi. Jika tidak segera diobati akan membuat cantengan semakin parah.

Apa Penyebab Cantengan?

Meskipun cantengan bisa sembuh, tetapi ada sejumlah alasan kenapa centangan tidak kunjung sembuh, salah satunya ialah karena infeksi. Dikutip dari situs halodoc terdapat beberapa penyebab cantengan pada jempol kaki dan jari tangan, diantaranya adalah:
  1. Memotong kuku terlalu pendek. Maka ketika kuku tumbuh kembali berisiko menusuk kulit. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan kuku melengkung ke bagian dalam sisi samping kuku.
  2. Kaki terluka. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya tersandung ataupun kejatuhan barang. Pada kejadian ini seringkali membuat kuku rusak dan berdarah.
  3. Menggunakan sepatu tidak sesuai ukuran. Mengenakan sepatu terlalu sempit cenderung terjadi penekan dan gesekan antara sepatu dan jempol kaki saat berjalan. Maka secara perlahan kuku menusuk kulit.
  4. Tidak menjaga kebersihan kaki. Kaki yang kotor dapat mengundang munculnya bakteri penyebab jamur. Jamur inilah yang mengakibatkan kulit menebal sehingga mudah tertusuk kuku.
  5. Faktor keturunan. Salah satu penyebab kuku cantengan adalah karena keturununan atau genetik.
  6. Menggigit kuku. Kebiasaan buruk menggigit kuku pada jari tangan bisa manjadikan kuku lunak. Maka kuku mudah sekali menembus kulit.
  7. Salah memotong kuku. Pada umumnya seseorang memiliki bentuk kuku seperti kipas. Bentuk kuku seperti itu berisiko terkena cantengan. 
    mengobati cantengan dengan minyak kayu putih
  8. Kaki berkeringat. Hal ini dapat membuat kulit menjadi lembab.

Diagnosis Kuku Cantengan

Diagnosis cantengan dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan fisik jari tangan dan kaki yang mengalami cantengan. Tetapi pada kondisi tertentu, pemindaian sinar-X kadang dibutuhkan terutama pada cantengan yang disebabkan oleh cidera.

Pemindaian dengan sinar-X juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi seberapa dalam kuku yang menembus kulit, sehingga dapat menyebabkan cantengan.

Begini Cara Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih

  • Pertama siapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kapas, handuk kecil, minyak kayu putih dan air hangat secukupnya.
  • Basuh dan bersihkan secara perlahan jari tangan atau jempol kaki yang terkena cantengan hingga bersih.
  • Selanjutnya, keringkan bagian kuku yang cantengan dengan handuk sampai benar-benar.
  • Setelah itu basahi kapas dengan minyak, kemudian oleskan pada area cantengan.
  • Jika tidak bisa dijangkau dengan kapas, Anda juga bisa meneteskan minyak tersebut sedikit demi sedikit.
  • Tahan sesaat sambil dikipas jika merasakan perih.
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Tapi ingat, jangan di lap agar minyak tersebut meresap kedalam kulit.
  • Rendam kaki atau tangan kedalam air hangat hingga air terasa dingin.
  • Keringkan menggunakan lap handuk bersih yang tadi disiapkan.
  • Lakukan cara diatas secara rutin setiap dua hari sekali.
  • Gunakan cara ini untuk menyembuhkan cantengan yang sudah lama dan bernanah.

Bagaimana Cara Mencegah Cantengan?

Terdapat berbagai cara yang dapat Anda coba untuk mencegah cantengan agar tidak datang kembali, diantaranya adalah:
  1. Senantiasa menjaga kebersihan kaki dan pakailah pelembab supaya kulit tidak terlalu kering.
  2. Usahakan tidak memotong kuku terlalu pendek.
  3. Potonglah kuku agak datar, jangan melengkung menyerupai bentuk kipas.
  4. Gunakan kaos kaki yang bisa menyerap keringat untuk mencegah timbulnya jamur kuku.
  5. Pakailah sepatu sesuai ukuran agar tidak terjadi penekanan pada jempol kaki.
  6. Jangan menarik kulit yang mengelupas.
  7. Bersihkan kulit mati yang mengeras menggunakan kikir kulit.
  8. Teratur memeriksakan kesehatan kuku, jari tangan dan kaki ke dokter.

Selain minyak kayu putih, Anda juga bisa menggunakan jahe. Jika belum tau caranya bisa membaca artikel yang sudah saya buat sebelemnya yakni mengobati cantengan dengan jahe.

Kapan Saya Harus ke Dokter?

Pada kondisi tertentu, penderita cantengan harus ke dokter ketika cantengan menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti kuku mau lepas, pendarahan dan keluar nanah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama seseorang yang mengidap penyakit diabetes, karena dapat berdampak pada proses penyembuhan cantengan.

Penutup

Menyembuhkan cantengan menggunakan minyak kayu putih tergolong aman dan tidak ada efek samping. Sekian penjelasan tentang cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. Jika kondisi ini terlanjur parah segera pergi ke dokter agar dilakukan operasi cantengan.

Diperbarui: 2020