Cara Merawat Ikan Koki Tanpa Oksigen Yang Benar

cara merawat ikan koki di akuarium kecil dan kolam tanah

Tahukah anda, bahwa ikan koki sanggup bertahan hidup tanpa oksigen hingga berbulan bulan? Ikan mas koki adalah sejenis ikan hias air tawar dengan nama latin Ordo Cypriniformes atau Familia Cyprinidae.

Ikan koki banyak dipelihara dalam akuarium kecil atau di kolam depan rumah karena keunikannya yang berwarna warni. Memelihara ikan ini cukup mudah, hanya saja banyak yang belum tahu caranya.

Seorang peniliti dari Universitas Oslo bernama Cathrine Fagemes dan peneliti dari Universitas Bristol bernama Michael Berenbrink menyatakan bahwa ikan koki memiliki daya tahan adaptasi yang sangat baik, karena kemampuannya yang dapat menetralisir kadar alkohol dalam tubuh dan mampu bertahan hidup tanpa oksigen dalam jangka waktu cukup lama.

Siatem reproduksi alkohol didalam ikan mas yang terdiri dari Zat Enzim menyalurkan karbohidrat kedalam Mitokodria. Ink menunjukkan betapa pentingnya memahami mekanisme sederhana tentang caea bertahan dari Anoksia.

Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa ikan mas koki sudah mengembangkan sistem adaptasi sekitar sejak juta tahun yang lalu.

Berikut Cara Merawat Ikan Mas Koki Tanpa Oksigen (Aerator)

ikan koki tanpa aerator

  1. Hal pertama yang harus disiapkan dalam memelihara ikan mas koki adalah menyiapkan ukuran ideal aquarium berukuran 70×50×50cm. Akuarium ini harus terbuat dari bahan yang transparan seperti kaca.
  2. Isi aquarium dengan air tawar yang memiliki kualitas bagus dengan kadar Klorin rendah. Suhu air yang tepat yakni antara 22-26 derajat celcius. Saat mengisi air tidak boleh terlalu penuh dan sidikit, beri ruang kosong 10cm dari permukaan aquarium.
  3. Hiasi aquarium dengan tanaman aquascape seperti Anubias dan kerikil.
  4. Pemilihan bibit. Hendaknya jangan memilih ikan koki yang sudah besar, namun pilihlah yang masih kecil berukuran 5-10cm. Untuk jenisnya bisa disesuaikan dengan minat Anda, misalnya jenis Oranda atau Kornet.
  5. Penempatan aquarium. Sebaiknya tempatkan aqiarium pada ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung tetapi mempunyai tingkat pencahayaan yang cukup agar ikan koki tidak mudah stres dan mati.
  6. Pemberian makan. Makanan ikan mas koki bisa berupa cacing sutra, cacing darah atau kutu air.
  7. Waktu yang tepat untuk memberi makan ikan koki yaitu pada pagi hari pukul 07:00-08:00, siang 11:00-13:00 dan sore hari pada pukul 16:00-17:00.

Cara Membersihkan Aquarium Ikan Mas Koki

  1. Sediakan wadah berupa ember kecil atau baskom. Hindari menyentuh secara langsung saat memindahkannya. Sebaiknya gunakan serok kecil.
  2. Bersihkan kotoran dari sisa makanan dan keluarkan media kerikil dan tanaman hias.
  3. Kuras dan buang airnya lalu sikat hingga bersih. Jangan gunakan bahan kimia atau sabun untuk membersihkan aquarium.
  4. Ganti tanaman lama dengan yang baru jika mempunyai gantinya.
  5. Isi ulang air sesuai ketentuan yang dijelaskan diatas.
Nah, itu adalah beberapa tips cara merawat ikan mas koki tanpa oksigen, bagaimana cukup mudah bukan?