Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Laptop Hang, Error Not Responding Saat Baru dinyalakan (Startup) Proses Booting

Cara Mengatasi Laptop Hang, Error Not Responding Saat Baru dinyalakan (Startup) Proses Booting

Laptop sudah menjadi kebutuhan pokok dalam mengerjakan tugas atau menyimpan file dari kantor dan keperluan wajib bagi mahasiswa. Namun apa jadinya ketika laptop mengalami hang ketika dinyalakan. Untuk itu Anda perlu menerapkan tips untuk memulihkannya, lalu bagaimana cara mengatasi laptop hang?

Bagi para blogger, laptop merupakan sarana untuk memudahkan membuat artikel, terlalu sibuk dalam hal itu membuat perangkat sering terabaikan kondisinya. Apabila kondisi laptop tidak sehat maka pekerjaan juga ikut terhambat, alhasil seseorang tidak memenuhi target dalam bekerja.

Menginstall beberapa aplikasi software yang tidak di rekomendasikan terkadang membuat perangkat Laptop Hang, Error, Not responding dan tak jarang pula membuat perangkat lemot. Apabila tidak segera perbaiki, bukan tidak mungkin akan menyebabkan laptop rusak permanent.

Laptop mengalami hang bisa saja terjadi di semua sistem operasi windows 10, 8 dan 7, maka dari itu diperlukan penanganan yang tepat agar tidak merusak software perangkat tersebut.

Apapun kondisi dan kapanpun waktunya itu bisa secara tiba-tiba terjadi hang. Bagaimana solusinya? berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop hang.

Apa Penyebab Laptop Hang?
1. Terdapat Virus Spyware atau Malware
Ketika laptop terkena malware, yang harus dilakukan adalah mengaktifkan program virus cleaner dan menonaktifkan sistem restore saat saat menjalankan windows safe mode. Contohnya, melakukan update di sistem operasi menggunkan Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus.

2. Program Menumpuk Yang Digunakan Untuk Scurity Program
Idealnya, ketika menambahkan aplikasi Antivirus yang dijadikan Scurity Program disarankan agar tidak melebihi 3 aplikasi, apabila menginstallnya berlebihan justru membuat perangkat terlalu beresiko kerusakan.

3. Harddisk Bermasalah
Tahukan Anda bahwa salah satu penyebab perangkat tidak beroperasi dengan baik bisa dikarenakan harddisk? Berikut ini adalah beberapa masalah pada harddisk yang mengakibatkan terjadinya laptop hang. Misalnya, Harddisk Error, Low Space, Harddisk tidak terfragmentasi dan sudah lama tidak digunakan lalu dipasang.

4. Kapasitas Memory Terbatas
RAM yang terbatas dapat menyebabkan masalah serius pada perangkat. Dalam hal ini pasang memory minimal 1GB.
5. Menginstall program terlalu banyak
Sangat disarankan agar uninstall atau menghapus program yang tidak dibutuhkan.
6. System File terdapat currupt
7. Program startup terlalu banyak

Dan berikut ini merupakan Cara Mengatasi Laptop Hang yang disebabkan oleh harddisk.

  • Cek harddisk yang rusan dan segeralah Anda memperbaikinya dengan cara manual, masuk ke Windows Explorer > lalu klik kanan di harddisk C > klik Tools > lalu pilih Check Now. Selain itu juga bisa menggunakan Tool Checkdisk.
  • Minimalkan harddisk dari panas, debu dan upgrage harddisk secara rutin, apabila belum teratasi silahkan ganti harddisk dengan yang baru.

Cara Mengatasi Laptop Hang / Error di Windows

Sederhana tetapi sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perangkat yang Anda gunakan, dari beberapa daftar metode dibawah ini dapat memilih sesuai permasalahan yang dialami untuk mengatasi laptop hang (error saat proses starting / booting) dan not responding saat perangkat baru saja dinyalakan.

Cara Mengatasi Laptop Hang, Error Not Responding Saat Baru dinyalakan (Startup) Proses Booting

Mengatasi Laptop Hang Ketika Proses Booting

  1. Pertama silahkan Restart Laptop, setelah itu masuk ke BIOS. Tidak semua perangkat memiliki tombol yang sama, jadi sesuaikan saja pada perangkat yang Anda gunakan.
  2. Pada tampilan BIOS klik Advanced BIOS Features, setelah itu cari keterangan yang berhubungan dengan BIOS Cache. Apabila sudah ketemu pilih Disable.
  3. Terakhir tekan F10 untuk menyimpan, kemudian klik Enter pada keyboard.
Cara mengatasi laptop not responding
Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti ketika perangkat tidak merespon.

  • Klik tombol Ctrl + Shift + Esc, berikutnya pilih sistem program yang mengalami not responding, lalu pilih End Task.
  • Yang kedua Anda bisa menggunakan metode klik Ctrl + Alt + Del, kemudian pilih salah satu Opsi dalam program tersebut. Klik Task apabila ingin menonaktifkan program.

Cara mengatasi laptop hang ketika baru dinyalakan (proses starting)
Ketika perangkat melakukan proses startup dan saat akan masuk ke sistem windows, terkadang laptop mengalami hang yang tidak diduga. Permasalahan ini dapak dialibatkan oleh beberapa hal sebagai berikut ini:
  1. Sistem program windows terjadi masalah, misalnya terdapat Virus, Currupt dan Missing file system. Untuk memecahkan masalah ini, silahkan Scan Registry menggunakan Cleaner dan membersihkan virus dengan cara Scan Virus tersebut dengan menjalankan program Antivirus.
  2. Kedua, bisa disebabkan Motherboard dan RAM yang mengalami masalah. Selain itu bisa juga dikarenakan oleh kipas yang sudah kotor, untuk membersihkannya bisa memakai vakum cleaner.

Diatas merupakan tips sederhana tetapi sangat bermanfaat untuk mengatasi laptop hang atau error saat dinyalakan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Hang, Error Not Responding Saat Baru dinyalakan (Startup) Proses Booting"