Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menonaktifkan / Menghapus Akun Facebook Sementara dan Permanen

Cara Menonaktifkan / Menghapus Akun Facebook Sementara dan Permanen

Cara menonaktifkan dan menghapus akun facebook
Sebelum memutuskan untuk menutup facebook selamanya ada beberapa hal yang wajib diketahui bahwa menonaktifkan akun facebook dan menghapus akun facebook merupakan dua hal yang berbeda.

Kedua pilihan tersebut memiliki fungsi yang tidak sama, maka dari itu pada pembahasan ini saya ingin menjelaskan semua fungsi tersebut agar Anda tidak salah memilih dalam menentukan keputusan.

Ada dua pilihan yang bisa diambil saat ingin benar-benar berhenti dari sosial media yakni menonaktifkan akun facebook yang sifatnya sementara dan menghapus akun facebook secara permanen atau selamanya.

Cara Menonaktifkan Akun Facebook Sementara

Sebelum mengikuti proses ini ada baiknya pikirkan terlebih dulu keputusan mana yang menurut Anda pantas untuk diambil. Jika Anda salah mengambil keputusan, Akun Anda tidak dapat dipulihkan kembali dan Anda tidak bisa berinteraksi dengan teman-teman yang ada di facebook. Apabila sudah yakin, simak dan ikuti tahapannya dibawah ini:

1. Ketuk tanda garis tiga dipojok kanan atas layar lalu masuk ke Pengaturan, setelah itu masuk ke opsi Informasi Pribadi.


2. Setelah itu pilih Kelola Akun, kemudian klik opsi Tutup dan berikutnya silahkan Masukkan Kata Sandi lalu klik Lanjutkan.


3. Kemudian akan beralih ke tab selanjutnya dan Anda akan mendapati keterangan konfirmasi "Yakin ingin menonaktifkan akun anda?", pilih opsi yang pertama.

Pilih durasi yang Anda inginkan,misalnya:
Durasi 7 hari, artinya setelah 7 hari akun Anda aktif secara otomatis, dan begitupun pilihan lainnya yakni durasi 1 sampa durasi 6 hari. Anda dapat mengaktifkan akun Anda kapan saja.


Tampilannya sedikit berbeda jika menggunakan browser chrome, uc, opera mini dan pufin. Setelah mengklik pilihan yang pertama, maka muncul opsi baru lagi, pilih Tutup lalu pilih durasi yang ingin ditentukan.
Catatan: tidak untuk tampilan dekstop atau komputer.


4. Selain itu ada beberapa alasan setelah opsi yang pertama, diantaranya:
  • Saya menerima terlalu banyak pesan di email, undangan & permintaan di facebook.
  • Saya merasa facebook tidak bermanfaat.
  • Saya terlalu banyak menghabiskan waktu menggunakan facebook.
  • Akun saya telah diretas / h4ck.
  • Saya merasa tidak aman di facebook.
  • Saya memiliki akun facebook yang lain.
  • Saya tidak mengerti cara menggunakan facebook.
  • Lainnya, jelaskan lebih lanjut, artinya Anda diminta mengisi alasan Anda pada kotak kosong yang tersedia.
  • Catatan: Apabila Anda memilih salah satu dari 9 opsi diatas, Akun anda hanya bisa diaktifkan secara manual yaitu masuk ke FB seperti biasanya dengan menggunakan email / nomor telepon dan kata sandi.

5. Kemudian, jika layar di scrooll / geser kebawah terdapat keterangan "Memilih menolak menerima notifikasi mendatang dari facebook". Apabila anda Centang pilihan tersebut dan setelah akun facebook dinonaktifkan, artinya adalah masih bisa menerima pemberitahuan sebagai berikut:
  • Teman Anda masih bisa mengundang anda ke acara yang dibuatnya.
  • Teman Anda masih dapat menandai anda dalam sebuah kiriman foto.
  • Terakhir, masih bisa meminta Anda untuk bergabung disebuah grup.

6. Anda juga bisa menentukan pilihan yakni ingin tetap menggunakan messenger atau tidak. Jika ingin tetap mengaktifkan mssenger maka Centang pada bagian Tetap Gunakan Messenger.


Dalam versi FB lite lainnya terkadang berbeda pilihan yaitu opsi Tetap Gunakan Messenger tidak ada kolom centang, solusinya ialah Anda harus membuka melalui Browser. Terakhir pilih Tutup.


Setelah menutup akun facebook dan ketika Anda membuka messenger lalu melihat keterangan seperti gambar contoh dibawah ini, ketuk Lanjutkan untuk memulai obrolan di messenger.


Apa yang terjadi jika saya menonaktifkan akun facebook?
  1. Profil hilang dari pencarian, artinya siapapun tidak dapat menemukan profil anda di beranda dan tag nama profil anda jika sebelumnya anda di tandai dalam sebuah kiriman.
  2. Profil Anda masih terlihat di Messenger dengan catatan tetap memilih memakai messenger. Anda masih dapat saling berkirim pesan ke sesesama anggota facebook lainnya yang sudah berteman.

Baca Juga: Cara mengaktifkan profile guard facebook


Menghapus Akun Facebook Permanen / Selamanya

Bagi pengguna versi lite dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Pilih menu garis-garis tiga, pilih Pengaturan.
  2. Geser layar kebawah, pilih Kepemilikan dan Kontrol Akun.
  3. Selanjutnya pilih Penonaktifan dan Penghapusan.
  4. Klik opsi Hapus Akun dan klik Lanjutkan.
  5. Anda dapat mengunduh semua informasi, namun ini hanya bisa dilakukan jika diakses melalui browser.
  6. Pilih Hapus Akun.
  7. Masukkan Kata Sandi, kemudian klik Lanjutkan.
  8. Terakhir klik Hapus Akun.

Setelah menghapus akun facebook permanen, akun Anda tidak bisa dibuka dan dipulihkan. Jika suatu saat nanti ingin menggunakan facebook lagi, Anda dapat memilih tindakan untuk menonaktifkan akun facebook sementara atau membuat baru.

<===Selamat Mencoba===>

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan / Menghapus Akun Facebook Sementara dan Permanen"