Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang Telah dihapus Permanen

Cara mengaktifkan akun facebook yang telah dihapus dapat dilakukan melalui proses banding. Dalam proses ini, kamu bisa mengembalikan fb yang ditutup menggunakan Kartu Identitas (ID) & lewat link banding.

Ketika akun facebook dihapus atau dinonaktifkan, maka yang terjadi pada akun fb adalah semua data masih tersimpan di dalam akun, dan kamu masih bisa mengunduh semua informasi tersebut. Misalnya, postingan berupa teks, foto dan video.

Mengapa akun facebook saya dihapus? Facebook menonaktifkan akun yang tidak mematuhi ketentuan facebook. Beberapa diantaranya meliputi:

  • Memposting foto atau video dan kata-kata yang tidak pantas.
  • Menggunakan nama palsu. Dalam kasus ini, facebook mewajibkan setiap penggunannya untuk menggunakan nama profil sesuai dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menyamar sebagai orang lain.
  • Terus melakukan perilaku yang dilarang di facebook dengan melanggar Standar Komunitas Facebook.
  • Menghubungi seseorang bertujuan melecehkan, promosi, beriklan, dan perbuatan atau perilaku lainnya yang menyimpang.
cara mengaktifkab kembali akun fb yang telah dihapus permanen

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang Telah dihapus

Tutorial ini hanya ditujukan kepada pengguna yang menggunakan akun facebook asli. Ciri-ciri akun Facebook asli adalah data akun sesuai yang ada di identitas resmi. Berikut langkah-langkah memulihkan akun facebook yang dinonaktifkan.

  • Siapkan kartu identitas (ID) atau tanda pengenal berfoto, diantaranya adalah SIM, KTP atau Paspor.
  • Data pada akun facebook harus sama dengan data pada ID.
  • Scan (pindai) atau ambil salinan dari salah satu dokumen tersebut.
  • Buka akun fb lalu masuk ke halaman formulir pengajuan banding.
  • Isi data sesuai permintaan pada formulir dan masukkan ID yang telah disiapkan.
  • Kirim dan tunggu hasil banding di kotak masuk email.

Agar lebih mudah dipahami, silahkan baca, pelajari dan cermati penjelasan dibawah ini.

1. Menyiapkan Kartu Identitas (ID)

Kartu identitas atau yang biasa disebut dengan istilah Tanda Pengenal Berfoto merupakan syarat mutlak yang digunakan untuk mengajukan banding. Anda dapat menggunakan daftar ID seperti SIM, KTP dan Paspor.

Cara pengambilan scan identitas tidak boleh sembarangan, ada aturan agar ID Anda diterima facebook. Misalnya:

  • Scan kartu identitas tidak boleh terpotong, jadi semua sisi harus terlihat penuh. 
    cara mengaktifkan kembali akun fb yang sudah dihapus
  • Data harus dapat dibaca dengan jelas, terutama pada bagian Nama, Tanggal lahir, Kota asal/tempat kelahiran dan foto yang ada di ID.

2. Mengajukan Banding

Cara mengajukan banding ialah dengan mengisi formulir. Silahkan masuk ke link ini https://www.facebook.com/help/contact/260749603972907. Maka akan dibawa ke halaman formulir pengajuan banding seperti contoh pada gambar dibawah ini.

cara mengembalikan akun fb yang telah dihapus

Pengisian formulir banding fb:

  • Kolom pertama isi alamat email atau nomor telepon yang terkait di akun.
  • Kolom kedua isi Nama profil. Pastikan sesuai nama yang ada di kartu identitas.
  • Kolom File isi kartu identitas Anda yang telah disiapkan.
  • Klik Kirim.

3. Proses Peninjauan

Proses peninjauan memakan waktu kurang dari 24 jam. Jika tidak kunjung mendapat balasan dari facebook, Anda bisa melakukan banding ulang.

Jika identitas Anda diterima facebook, maka akun Anda sudah aktif dan mendapatkan pesan di kotak masuk email dari facebook yang berisi keterangan sebagai berikut:

"Terima kasih telah mengonfirmasi identitas Anda. Kami telah membuka penguncian akun Anda, dan sekarang Anda sudah dapat masuk. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini"

Apa yang Terjadi Pada ID Anda Setelah Mengirimkannya ke Facebook?

Setelah Anda mengirimkan salinan ID, salinan itu akan disimpan dengan aman. ID Anda tidak akan dapat dilihat siapa pun di Facebook.

Untuk memastikan keaslian ID yang digunakan untuk mengonfirmasi identitas, facebook menggunakan sistem peninjauan manual dan otomatis. Langkah tersebut untuk mencagah penyalahgunaan seperti penyamaran dan penipuan.

Untuk membantu meningkatkan sistem facebook dalam mengenali ID palsu, facebook meminta izin kepada Anda untuk menggunakan salinan terenkripsi ID Anda hingga paling lama satu tahun.

ID Anda tidak digunakan untuk tujuan tersebut kecuali diberitahukan saat Anda mengirimkannya ke facebook.

Jika ID Anda tidak ingin dgunakan untuk meningkatkan sistem otomatis facebook dalam mengenali ID palsu, Anda dapat menyesuaikan Pengaturan Konfirmasi Identitas.

cara memulihkan akun fb yang dinonaktifkan

Jika Anda menonaktifkan opsi tersebut, salinan ID Anda akan dihapus dalam waktu 30 hari setelah dikirimkan atau saat Anda menonaktifkan opsi tersebut.

Catatan: Facebook akan menggunakan ID atau dokumen resmi untuk mengonfirmasi identitas Anda. Facebook juga akan menggunakan informasi tersebut untuk membantu mendeteksi dan mencegah penyamaran atau pencurian ID, yang akan membantu menjaga keamanan Anda dan Komunitas Facebook.

Informasi tersebut tidak akan dubagikan ke profil Anda atau dengan Admin lain di halaman yang Anda kelola. Setelah mengonfirmasi identitas, Facebook akan menghapus dokumen atau ID anda dalam waktu 30 hari.

Cara Agar Akun Facebook Tidak dihapus Kembali?

Facebook tidak akan menonaktifkan akun Anda jika tidak melanggar Standar Komunitas Facebook.

Setiap hari, orang yang menggunakan facebook untuk membagikan ceritanya, melihat dunia melalui mata orang lain serta berhubungan dengan teman dan berbagai aktivitas lainnya.

Percakapan yang terjadi di facebook menunjukkan keragaman komunitas yang terdiri dari dua miliar orang yang berkomunikasi di berbagai negara dan budaya, serta dalam puluhan bahasa, memposting semua hal mulai teks hingga video dan foto.

Tujuan Standar Komunitas Facebook adalah untuk mendorong kebebasan berekspresi dan menciptakan lingkungan yang aman.

Facebook membuat kebijakan berdasarkan masukan dari komunitas dan dari para ahli dalam bidang-bidang seperti teknologi dan keselamatan publik.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara mengaktifkan akun facebook yang telah dihapus permanen. Silahkan bagikan postingan ini kepada teman bisnis atau teman nongkrong jika bermanfaat.

10 komentar untuk "Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang Telah dihapus Permanen"

  1. Id gua udah di terima, cuman karna covid belum ditinjau
    Kira2 berapa lama ya banh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika gagal, ulang kembali sampai akun facebook yang dinonaktifkan diaktifkan kembali.

      Hapus
  2. Akun FB saya hapus permanen 1 THN yg lalu apa bisa saya buka kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan, kamu bisa mengaktifkan akun fb yang telah dihapus / dinonaktifkan kapan saja asalkan masih ingat informasi data di akun facebook.

      Ingat, data di akun wajib sama dengan data di kartu identitas (ID).

      Info data tersebut meliputi: Nama dan tanggal lahir.

      Kartu Identitas bisa berupa KTP, SIM atau Paspor.

      Semoga bisa membantu.

      Hapus
  3. saya coba untuk akun facebook saya yang sudah di nonaktifkan secara permanen, trus keluar tulisan "Kami tidak dapat meninjau keputusan ini karena sudah terlalu lama waktu berlalu sejak akun Anda dinonaktifkan."

    BalasHapus
  4. Aku punya 2akun mai di dan marnihjkw ini masuk ke aku mai di semua, aku ingin mengembalikan lagi ke akun marnihjkw tetapi caranya bagaimana yaa, tolong beri aku jalan 🙏😊

    BalasHapus
  5. Jadi gini akun FB saya terkunci karena saya lupa password....
    Saya sudah mencoba memulihkan kembali sesuai langkah2 yg di pandu oleh pihak FB, namun saya kesulitan mengunggah foto identitas saya slalu saja muncul "ada Masalah saat Menggung gambar" saya sudah mencoba lebih dari 10kali namun hasil sama. Saya foto katdu identitas saya, saya unggah nmun slalu mncul tulisan seperti yg di atas.
    Mohon bantuannya

    BalasHapus