Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Artikel: 10 Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Bibir dan Leher

Artikel: 10 Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Bibir dan Leher

Artikel cara menghilangkan bekas ciuman di bibir dan leher -. Kapan terakhir kali Anda cipokan, satu jam atau beberapa hari yang lalu? Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips mengatasi bekas cupang yang masih baru dan yang sudah lama.

Banyak cara untuk menghilangkan cupang, diantaranya adalah dengan bawang merah, bawang putih, odol (pasta gigi) dan krim. Tetapi semua itu tentu membutuhkan proses serta tahapan yang baik dan benar.

Artikel cara menghilangkan bekas ciuman di bibir dan leher

Tak sedikit remaja yang menolak di cium oleh pasangannya, tetapi jika terlalu kuat dapat menimbulkan bekas menghitam. Sehingga mereka merasa malu untuk keluar rumah, terlebih bekas cipokan tersebut pada bagian tubuh yang terbuka.

Kenapa berciuman dapat menimbulkan bekas? Ternyata ini bukan tanpa alasan, sebab ada sebuah penelitian yang membuktikan terkait masalah tersebut.


Apa Penyebab Timbulnya Bekas Ciuman?

Bekas ciuman umumnya merupakan luka memar pada kulit akibat tekanan atau yang biasa disebut dengan istilah "Cupang". Biasanya cupang ditandai adanya warna kemerahan pada kulit.

Memar adalah pembuluh darah yang pecah di permukaan kulit yang muncul ketika berciuman dengan malakukan tekanan. Sedangkan warna "Cupang" merupakan darah beku yang terperangkap pada sel kulit bagian bawah.

Beberapa orang peneliti seperti Marc Liechtung, D.M.D, Justin R. Garcia Ph.D dari The Kinsey Instititue dan Joseph Alpert M.D dari Univercity of Arizona College of Medicine, mereka memaparkan sejumlah alasan yang menyebabkan tentang ciuman.

1. Saraf Sensorik, Mulut dan Wajah

Lebih dari 90 persen orang ketika berciuman kepala akan membentuk sudut kemiringan. Saat itu akan terjadi ledakan sensorik dan Anda akan melakukan kontak. Jika dibandingkan dengan ujung jari, bibir 250 kali lebih sensitif.

Saat itu juga hidung akan menyimpan semua aroma yang dapat menmancarkan bahan pemikat (zat antraktan kimia). Zat tersebut bekerja untuk meningkatkan gairah.

Kecupan yang terjadi begitu cepat hanya melibatkan beberapa otot, tetapi berciuman dengan penuh gairah akan melibatkan lebih dari 24 otot wajah, sehingga tanpa di sadari akan menimbulkan bekas ciuman.

2. Peredaran Darah

Ketika wanita beciuman dengan pasangan laki-lakinya, ini bisa membentuk gelombang kejut yang dikirimkan ke seluruh bagian tubuh dan meningkatkan aliran darah ke daerah tertentu. Sehingga aktivitas ini dapat memicu perut tegang, mrs P terasa kesemutan, serta puting menjadi kaku.

Berapa Lama Bekas Cupang Bisa Hilang?

Kecupan mesra yang disertai tekanan dapat menimbulkan bekas merah dan kehitaman. Ketika ciuman berbekas, berapa lama bekas cupang hilang? Umunya, bekas cupang atau ciuman di bibir dan leher bisa hilang dalam waktu 6-12 hari?

Artikel: Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Bibir dan Leher dengan Cepat

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan rempah yang mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin C, B3, Mangan, Serat, Selenium dan Protein. Biasanya bawang putih dimanfaatkan untuk bumbu masakan, tapi ternyata bawang putih bisa menghilangkan bekas cupang.

Berikut cara menghilangkan bekas cipok dengan bawang putih.
  1. Siapkan 4 siung bawang putih atau secukupnya.
  2. Kupas kulitnya lalu tumbuk sampai halus.
  3. Oleskan bawang putih yang sudah ditumbuk di area cupang.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Bilas menggunakan air hangat.
  6. Keringkan dengan handuk.
  7. Lakukan minimal 2-3 kali sehari hingga bekas cupang memudar.

Bawang putih juga mengandung zat Antioksidan seperti serat asam amino, oligosakarida dan Flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Rutin Mengonsumsi Vitamin C

Salah satu cara menghilangkan bekas ciuman di bibir yang menghitam ialah rutin mengonsumsi Vitamin C. Vitamin C atau Asam Askorbat adalah jenis nutrisi yang tidak di produksi oleh tubuh, tapi bermanfaat bagi kesehatan.

Sumber Vitamin C dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan dan sumplemen Vit C. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan krim kulit yang mengandung vitamin c untuk memudarkan bekas cupang.

Vitamin C juga berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kinerja ogan dalam tubuh.

3. Pasta Gigi (Odol)

Selain untuk membersihkan gigi dan mengobati luka bakar, pasta gigi atau odol juga bisa untuk mengatasi bekas ciuman.

Cara menghilangkan bekas cupang di leher dengan odol (pasta gigi):
  • Oleskan pasta gigi (odol) secukupnya pada area cupang.
  • Tunggu beberapa menit hingga sensasi dingin menghilang.
  • Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini saat menjelang tidur.

4. Kompres dengan Es Batu dan Air Dingin

Cara yang cukup efektif yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bekas ciuman di leher adalah dengan mengompres dengan es batu.

cara menghilangkan bekas cupang yang sudah lama:
  • Ambil es batu secukupnya.
  • Jika tidak ada es batu dapat diganti dengan air dingin.
  • Bungkus menggunakan handuk kecil.
  • Kompres area cupang sambil ditekan perlahan.
  • Terapkan cara ini selama 10-15 menit.
  • Bersihkan sampai kering.
  • Gunakan teknik ini minimal sehari 2 kali.
  • Lakukan metode diatas dalam beberapa hari kedepan, paling tidak sampai 3 hari.

Setelah tiga hari dikompres menggunakan air dingin, ganti kompres es batu atau air dingin dengan kain bersih sambil dibasahi air hangat.

Terapkan teknik tersebut minimal 2-3 kali dalam sehari selama 15 menit. Hal ini dapat melancarkan darah beku yang diakibatkan oleh cupang, sehingga bekas ciuman perlahan memudar.

5. Lidah buaya (Aloe Vera)

Selain untuk bahan minuman, perawatan kulit dan bahan minuman, Lidah buaya berguna untuk menghilangkan bekas cupang dalam sehari.
  • Ambil lidah buaya yang masih segar.
  • Kupas dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Oleskan gel pada area bekas di cupang.
  • Diamkan selama 10 menit atau kulit mulai terasa kaku.
  • Bilas dengan air sampai bersih.

Namun gel lidah buaya dianggap kurang efektif untuk mengatasi bekas cupang jika sudah lebih dari 3 hari. Meski begitu, lidah buaya ini mampu mengurangi memar pada kulit.

6. Minyak peppermint

Sensasi rasa dingin minyak papermint dipercaya mampu menghilangkan cupang dalam waktu 1 jam. Caranya, oleskan minyak papermint di area tubuh yang terkena cupang. Lakukan teknik ini selama 2-3 kali sehari untuk melancarkan aliran darah.

7. Sikat gigi bulu lembut

Selain dengan minyak, Anda juga bisa memijat bekas cipok menggunakan sikat gigi. Caranya, gosok secara perlahan di area kulit yang memar. Lakukan cara ini secara rutin minimal 2 kali sehari atau menjelang tidur malam.

8. Melakukan Pijatan

Sebaiknya jangan malakukan pijatan untuk menghilangkan bekas ciuman di leher yang masih baru, karena dapat mengakibatkan rasa sakit. Anda dapat melakukan pemijatan menggunakan minyak zaitun dan minyak almond setelah beberapa hari terkena cipok.

9. Dengan Alkohol Gosok

Alkohol gosok atau juga dikenal dengan istilah alkohol isopropil adalah bahan yang sangat bermanfaat. Alkohol gosok dapat digunakan sebagai bahan pembersih dan antiseptik serta aman untuk mengobati luka dan menyembuhkan bekas cipokan.

Langkah-langkah, cara menghilangkan bekas cupang di leher dalam beberapa menit dengan alkohol gosok:
  • Siapkan alkohol gosok secukupnya, bisa beli di apotik.
  • Setelah bahan yang dibutuhkan siap, basahi kapas lalu oleskan di area yang terkena ciuaman. Tidak disarankan pada area bibir, tetapi terapkan di area leher dan bagian tubuh lainnya.
  • Gosok area yang terkana cupang secara perlahan selama 10-15 menit.
  • Hal ini akan membantu meminimalisir rasa tidak nyaman yang anda rasakan.
  • Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari selama beberapa hari.

Alkohol gosok bisa menimbulkan kulit terasa mengering. Solusinya gunakan lotion pelembab pada area yang terkena setelah selesai menerapkan cara pengobatan ini.

10. Bawang Merah

Cara menghilangkan bekas cupang dengan bawang merah yaitu, cukup dioleskan di bagian tubuh yang terkena ciuman. Lakukan cara ini setiap siang dan sore.

Penutup

Demikian cara menghilangkan bekas ciuam di bibir dan leher yang bisa Anda coba. Umumnya, bekas cupang bukan masalah yang serius, hanya saja dapat membuat seseorang merasa malu.

Jika tidak ingin ribet, coba katakan kepada pasangan Anda untuk tidak memberi gigitan tanda sayang itu. Seandainya tidak bisa menolak, sebaiknya minta kecupan di bagian tubuh yang tidak terlihat orang lain.