Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Bekas Jahitan di Kening

Cara Menghilangkan Bekas Jahitan di Kening

Secara umum jahitan pada kulit akibat kecelakaan atau karena hal lainnya memang akan membekas. Luka bekas jahitan tersebut bisa memudar dengan sendirinya, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Penghilang luka memar bekas jahitan dikening

Masalah ini tergantung dari kondisi kulit masing-masing individu. Jika bekas jahitan terdapat pada kening, dahi atau di wajah yang sudah lama, ini membutuhkan penangan khusus cara menghilangkan bekas jahitan di kening.

Apakah Anda tahu bahwa bekas jahitan sudah lama bisa saja menjadi keloid?. Bahasa umumnya ialah sejenis daging yang tumbuh di bekas jahitan dan itu membutuhkan penanganan khusus dari dokter kulit.

Berikut ini adalah tahapan dan beberapa obat herbal yang bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan bekas luka jahitan di jidat:
  1. Oleskan Krim atau Gel penghilang bekas luka yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.
  2. Oleskam krim yang mengandung vitamin E atau mengonsumsi suplemen vitamin E.
  3. Konsumsi sayur, buah, dan air putih.
  4. Batasi paparan sinar matahari pada bekas jahitan.
  5. Hindari menggaruk bekas jahitan yang justru membuat semakin gatal.
  6. Apabila bekas jahitan tidak tertutup pakaian, coba lakukan kamuflase dengan menutupinya dengan make up, misalnya concealer, foundation, bedak, dll

Apabila Anda ingin cara yang lebih efektif, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit agar bisa diberikan perawatan untuk memudarkan bekas jahitan Anda.

Kondisi yang paling sering di alami penderita ialah nyeri dan bengkak di sekitar bekas jahitan, itu timbul karena adanya infeksi. Pada umunya infeksi ini lebih rentan mengenai luka berukuran besar dan dalam.

Perawatan luka yang tidak tepat (termasuk pasca penjahitan) dan kondisi daya tahan tubuh yang tidak prima dapat berpeluang terjadinya infeksi.

Baca Juga - Cara menghilangkan di bibir dan leher

Jika tidak segera dilakukan penanganan, infeksi pada bekas jahitan dapat mengakibatkan munculnya nanah yang berujung pada luka susah di sembuhkan. Biasanya, infeksi tersebut terjadi dalam waktu yang berdekatan pasca penjahitan.

Kadang-kadang jahitan telah dilakukan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan rasa nyeri dan bengkak di bekas jahitan, sebagaimana yang Anda alami bisa juga muncul karena sebab lain selain infeksi, contohnya karena dermatitis kontak, skar hipertrofik, iritasi keloid, luka berulang, gigitan serangga, dll.

Tetapi, jika dirasa memang terjadi infeksi yang cukup berat, bisa jadi Anda akan dirujuk kembali ke dokter spesialis bedah kulit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Berikut adalah perawatan sederhana yang bisa Anda coba di rumah sebagai cara mengurangi nyeri bekas jahitan di kening.
  • Disarankan agar tidak terlalu sering memegang atau memencet luka bengkak dan nyeri tersebut.
  • Hindari penggunaan kosmetik berlebihan di area bekas jahitan yang membengkak untuk meminimalisasi risiko iritasi.
  • Selalu bersihkan bekas luka tersebut saat mandi atau saat sedang santai.
  • Bersihkan menggunakan cairan antiseptik atau infus.

Jika bengkak dan nyeri yang muncul cukup mengganggu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut. Umumnya, dokter akan memeriksa lebih dulu kondisi luka.

Apabila ternyata kondisi yang Anda alami saat ini cukup ringan, maka dokter akan memberikan penanganan secara langsung yakni memberikan obat topikal, misalnya Oral (Obat minum), Krim atau Salep.

Semua itu bisa Anda coba untuk sebagai obat penghilang luka bekas jahitan di kening (jidat), bahkan juga bisa di gunakan untuk mengatasi bekas jahitan yang sudah lama berubah menjadi keloid.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bekas Jahitan di Kening"