Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Trik Ampuh Cara Mengumpulkan Ikan Mas dengan Cepat

Trik Ampuh Cara Mengumpulkan Ikan Mas dengan Cepat

Sebenarnya sangat mudah mengundang ikan mas agar berkumpul, karena Anda dapat menggunakan umpan tabur ikan mas seperti racikan pelet dan kroto. Nah, Jika Anda belum tahu bagaimana cara mengumpulkan ikan mas, dibawah ini adalah penjelasannya.

pengumpul ikan mas

Selain menggunakan umpan tabur, para pemancing juga sering memanfaatkan halco dan resep aroma essen sebagai pengumpul ikan mas.

Salah satu aroma essen yang disukai ikan mas yaitu aroma melati, jagung bakar, buah-buahan dan bahan oplosan.

Cara Mengumpulkan Ikan Mas

Ikan mas atau ikan kraper dengan nama latin Cyprinus Carpio adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Apabila Anda hobi memancing di kolam, tambak atau sungai, berikut adalah trik ampuh cara mengumpulkan ikan mas dengan cepat.

1. Menggunakan pelet

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengumpulkan ikan mas adalah dengan menggunakan pelet. Taburkan pelet pada area kolam ikan yang di targetkan. Trik ini cukup efektif untuk mengundang ikan agar cepat berkumpul.

Setelah ikan mas datang bergerombol, segera lemparkan kail pada area tersebut dan lakukan teknik pancingan seperti yang biasa Anda lakukan.

Gunakan racikan pelet dengan campuran telor. Mengapa menggunakan campuran telor? karena ikan suka bau amis. Berikut adalah cara meracik pelet untuk umpan ikan mas:
  • Siapkan 1 ons pelet
  • Sediakan susu bubuk berukuran kecil (secukupnya).
  • Siapkan 2 telor ayam mentah diambil kuningnya.
  • Menyiapkan 1 ons tepung.
  • 1 bungkus vanili ukuran kecil

Campurkan semua bahan menjadi satu dalam satu wadah. Beri air sedikit-sedikit sambil diaduk merata hingga berbentuk seperti pasta. Kukus adonan selama 15 menit. Jika sudah matang, adonan akan berwarna kuning kecoklatan.

Baca Juga: Cara Merawat Ikan Koki Tanpa Oksigen yang Benar

2. Menggunakan kroto

Umpan pengumpul ikan mas yang sudah terbukti efektif adalah menggunakan kroto. caranya tidak berbeda dengan memakai pelet, Anda hanya perlu menaburkan kroto pada kolam ikan.

Berhubung harga kroto relatif mahal, Anda bisa memanfaatkan kroto yang berkualitas sedang. Anda dapat membeli kroto di toko atau penjual pakan ternak burung.

Jenis kroto yang digunakan para pemancing ikan mas:
  • Kroto basah - Kroto basah adalah kroto yang dihasilkan dari telur semut rangrang yang baru menetas. Kroto jenis ini masih memiliki banyak kandungan air sehingga mudah membusuk. Supaya awet simpan dalam kulkas sehingga dapat digunakan di lain waktu untuk umpan ikan mas.
  • Kroto halus - Kroto halus merupakan anakan dari semut rangrang yang masih kecil. Kroto jenis ini tidak cocok untuk pakan burung retapi sangat disukai ikan.
  • Kroto kasar - Kroto kasar merupakan induk dari semut ratu. Kroto jenis ini bisa bertahan hidup hingga 14 hari.

3. Menggunakan bulu ayam

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengumpulkan ikan mas adalah dengan menggunakan bulu ayam. Jika dibandingkan dengan memakai umpan kroto atau pelet, umpan bulu ayam termasuk yang paling efektif.

Begini tekniknya!!!

Siapkan ban motor bekas yang tidak bocor, kemudian isi angin. Setelah itu lempar ke kolam ikan yang sudah diikat tali agar posisi ban tidak pindah-pindah. Selanjutnya taruh bulu ayam di tengah ban motor tersebut. Terakhir tunggu beberapa menit hingga ikan mas berkumpul.

Sebaiknya ketila Anda menerapkan trik diatas sebagai cara mengumpulkan ikan mas jangan berpindah tempat, tetapi tetap fokus pada satu tempat saja.