Cara Memperbaiki Laptop ACER Mati Total baterai tanam

Sekilas memang mudah menghidupkan laptop ACER mati total baterai tanam. Kita tinggal sekali tekan tombol power dan laptop pun langsung menyala. Namun sering juga menemukan masalah tiba-tiba laptop tidak bisa nyala. Biasanya ditandai hanya lampu indikator yang berkedip.

Mengatasi laptop baterai tanam ternyata agak sulit, bukan berarti tidak dapat perbaiki. Kamu tahu gak kenapa bisa begitu? Sederhana saja, itu karena baterai tanam tidak bisa dilepas.

Sebenarnya bisa dilepas sih, tapi harus membongkar body utamanya. Ini berbeda dengan laptop yang masih menggunakan baterai biasa, tinggal di congkel penutup luarnya saja langsung beres.

Cara Memperbaiki Laptop ACER Mati Total baterai tanam

Jika kamu mengalami kejadian seperti yang saya jelaskan pada pragraf pertama diatas, bagaimana perasaan kamu? Marah, sedih atau berniat ingin menjual laptop itu?

Jauhkan pemikiran itu dari pikiran kamu, karena saya akan memberikan sebuah trik mengatasi laptop acer yang mati.

Cara Memperbaiki Laptop ACER Mati Total

  1. Overheat. Overheating adalah kondisi dimana laptop mati mendadak karena kepanasan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi fan laptop. Jika fan tidak berfungsi sebagaimana mestinya segera perbaiki.
  2. Headsink prosessor bermasalah. Sebaiknya pastikan tidak ada debu yang menempel atau menyumbat saluran ventilasi.
  3. Mainboard kotor. Bersihkan bagian mainboard menggunakn kuas kecil. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak komponen sensitif lainnya terutama area soldier yang terdapat pada mainboard.
  4. RAM kelebihan kapasitas. Didalam sebuah perangkat RAM berfungsi sebagai pembantu penyimpanan memori sementara. Ketika laptop tiba-tiba lemot, seseorang cenderung meng-upgrade RAM untuk meningkatkan kinerjanya. Namun, hal ini dapat menimbulkan permasalahan serius. Jika mengupgrade RAM yang tidak sesuai dengan sistem laptop dapat menyebabkan RAM tidak dapat diakses serta membuat laptop cepat panas karena bekerja lebih keras.
  5. Adapter rusak. Periksa kondisi adepter, apakah masih berfungsi dengab baik atau tidak. Hal bisa berpengaruh pada baterai tidak bisa terisi. Lepas kabel adapter yang terhubung ke baterai laptop lalu ganti dengan adapter yang baru.
  6. Melakukan power reset. Laptop tidak mau menyala sering kali disebabkan karena sumber daya listrik tidak bisa mengisi bataerai. Yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan sumber daya listrik mulai dari charger hingga colokan yang terhubung ke baterai. Dalam kindisi kosong, tekan tombol power selama 30-40 detik. Ini bertujuan untuk memastikan agar daya pada baterai tidak benar-benar kosong. Setelah itu, pasang baterai dan soket kabel charger dan terakhir nyalakan laptop kembali.

Pencegahan agar tidak terjadi overheating adakah memberikan silikon pendingin pada headsink. Tutup laptop kembali dan diamkan sebentar supaya dingin sebelum menyalakan laptop.

Jangan sesekali mengoperasokan laptop di tempat tidur, sofa dan diatas bantal karena dapat menghambat sirkulasi udara yang berujung pada overheat.

Sebaiknya operasikan atau letakkan laptop Anda pada bidang datar seperti meja atau tatakan datar lainnya. Untuk membantu laptop supaya tidak cepat panas, Anda dapay menggunakan Cooling Pad.

Laptop juga butuh istirahat layaknya manusia, jangan menghidupkan laptop tanpa ada waktu istirahat. Jika ternyata laptop tidak bisa hidup karena kerusakan terlalu berat, segeralah bawa ke tukang servis agar dilakukan perbaikan.

Tag: cara memberbaiki laptop ACER mati total.