Cara Mengobati Luka Bakar yang Menggelembung Agar Cepat Kering

cara mengobati luka bakar yang menggelembung dan berair agar cepat mengering bisa disembuhkan dengan berbagai metode.

Luka bakar adalah kerusakan kulit bagian luar dan jaringan kulit bagian dalam berwarna kemerahan serta kehitaman yang disebabkan oleh api. Tetapi itu bukan sebab satu-satunya, karena masih terdapat beberapa penyebab luka bakar lainnya seperti terkena knlapot, setrika, bahan kimia dan cairan panas seperti minyak goreng.

Seseorang yang menderita luka bakar akan merasakan kulit terasa panas dan perih berjam-jam bahkan berhari-hari jika kulit terkelupas. Semua itu tergantung pada seberapa persen luka yang diderita.

Luka bakar dibagi menjadi 3 kategori, yaitu sebagai berikut:
  1. Luka bakar ringan yang tidak menimbulkan kulit melendung.
  2. Luka bakar sedang yang bisa mengakibatkan kulit melepuh.
  3. Luka bakar berat atau parah, luka ini ditandai dengan kulit gosong dan mengelupas. Kondisi ini hanya bisa ditangani oleh dokter.

Dikutip dari laman resmi ALODOKTER, bula atau gelembung akibat luka bakar tidak boleh dipecahkan dengan metode apapun, misalnya menusuknya dengan jarum, karena dapat meningkatkan resiko infeksi, sehingga berakibat memburuknya kondisi kulit dan waktu penyembuhan lebih lama.

Cara mengobati luka bakar yang menggelembung dan berair dengan bahan alami agar cepat kering

Jika gelembung begitu besar sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, dokter akan menyedot cairan menggunakan alat yang lebih steril, maka resiko terkena infeksi sangat rendah.

Cara Mengobati Luka Bakar yang Menggelembung Agar Cepat Kering

  1. Perlotongan pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami luka bakar adalah mengaliri atau membasahi dengan air dingin dengan suhu antara 15-20 derajat selama 15-20 menit.
  2. Kompres bagian kulit terbakar menggunakan kain kasa yang telah dibasahi dengan cairan NaCI 0,9% atau infus salin selama 25-30 menit. Ingat! ini bukan di perban, Anda hanya perlu membersihkannya agar terhindar dari bakteri. Untuk menghindari iritasi pada kulit jangan meletakkan batu ES diatas kulit dan jangan terlalu sering mengompres kulit.
  3. Oleskan Krim atau Salep yang mengandung zat ekstrak plasenta, antinyeri dan antibiotik. Lebih baik jika Anda melakukannya setelah berkonsultasi dengan dokter.
  4. Anda juga bisa mengonsumsi obat medis seperti paracetamol, naproxen atau ibuprofen yang dapat Anda peroleh di apotik untuk meredakan rasa sakit, perih dan nyeri.
  5. Lakukan cara diatas setiap 5-6 jam untuk menhilangkan gelembung luka bakar.

Bahan Alami untuk Sembuhkan Luka Bakar Menggelembung

Pada umunya gelembung yang pecah sehabis terbakar cenderung menggunakan salep, tetapi masih ada cara lain supaya gelembung luka bakar cepat kempes dirumah.

Madu Murni

Zat antioksidan, flavonoid, antibakteri, antijamur dan antiradang yang terkandung dalam madu murni dipercaya sebagai obat luka bakar bergelumbung, yaitu untuk mengurangi rasa gatal. Caranya, oleskan madu pada area kulit minimal dua kali sehari.

Lidah Buaya

Siapa sih yang tidak kenal lidah buaya? Semua orang pasti tahu tanaman ini. Ternyata lidah buaya banyak manfaat, salah satunya untuk menyembuhkan luka bakar. Gel lidah buaya mampu mengurangi radang kulit, melembabkan kulit, dan dapat merangsang penyembuhan luka.

Untuk mengatasi luka bakar menggelembung dan berair dengan lidah buaya yaitu cukup mengoleskan gel atau daging lidah buaya. Lakukan cara tersebut minimal dua kali sehari.

Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengobati Luka Bakar

Ada satu hal penting yang wajib Anda ketahui. Jangan terlalu percaya pada omongan orang lain yang mengatakan jika luka bakar bisa sembuh jika dioleskan dengan ini dan itu jika seseorang tersebut tidak tahu secara pasti. Bukannya luka bakar sembuh, tapi semakin parah.

Berikut beberapa tindakan yang harus dihindari ketika mengalami luka bakar:
  1. Hindari mengoleskan odol (pasta gigi), karena dapat membuat infeksi dan iritasi.
  2. Jangan mencoba mengoleskan minyak apapun. Minyak ini meliputi minyak urut, minyak kayu putih, minyak zaitun, minyak goreng dan minyak kelapa. Alasannya karena minyak dapat menjadikan kulit yang terbakar semakin terasa panas.
  3. Hindari mengoleskan putih telur, karena dapat mengundang timbulnya bakteri penyebab gatal-gatal.
  4. Jangan menaruh batu ES diatas kulit yang terbakar. Hal ini dapat membuat kulit mudah terkelupas sebelum waktunya.
  5. Usahakan tidak terkena panas dari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut bukan membuat luka cepat kering justru dapat memperlambat proses penyembuhan.

Butuh Waktu Berapa Lama Luka Bakar Dapat Sembuh?

Lama proses penyembuhan berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung berapa persen luka bakar yang di alami. Jika luka bakar masih tergolong ringan maka luka tersebut segera membaik.

Pada umumnya luka bakar yang tergolong masih ringan akan sembuh dalam 3-4 minggu.

Baca JugaCara Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih.

Ketahui Tanda-tanda luka bakar akan sembuh

  1. Area kulit bagian luar yang terbakar dengan jaringan kulit dalam mulai terkelupas sendiri, bukan dipaksa.
  2. Kulit terasa gatal. Jangan pernah mencoba menggaruknya karena dapat membuat luka semakin parah.
  3. Warna kulit berawarna kecoklatan lebih condong berwarna hitam.
  4. Kulit terasa tebal.

Demikian penjelasan mengenai cara mengobati luka bakar yang menggelembung.