Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Konfirmasi Identitas Facebook 2021

Facebook Anda Kembali bermasalah dan ingin mengamankannya? Tenang, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan konfirmasi identitas facebook.

Konfirmasi identitas FB adalah suatu proses penguncian akun ketika Facebook mendapati aktivitas yang mencurigakan.

Biasanya hal ini terjadi Ketika salah satu akun seseorang baru saja dibobol atau dihack dan login pada perangkat baru. Masalah seperti ini disebut sebagai checkpoint.

Jika masalah seperti ini muncul, apakah akun masih bisa diperbaiki agar kembali seperti semula? Tentu saja bisa.

Ingat!!! Anda tidak akan pernah bisa masuk ke tanpa mengkonfirmasikan identitas di fb, mau gak mau wajib menyelesaikan proses ini.

Berikut ada beberapa ulasan mengenai cara mengatasi konfirmasi facbeook dan penyebab mengapa masalah ini terjadi.

Cara Menghilangkan Konfirmasi Identitas Facebook (CheckPoint)

Untuk menghilangkan akun fb yang terkena konfirmasi identitas, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah unggah tanda pengenal Anda di facebook untuk melakukan verifikasi.

cara menghilangkan konfirmasi identitas facebook

Berikut cara melewati konfirmasi identitas FB:

  • Buka aplikasi Google Chrome atau jenis browser lainnya yang tersedia pada ponsel pintar atau PC Anda.
  • Mulailah untuk mengakses FB dan coba untuk masuk ke situs Facebook.
  • Kemudian, Login dengan menggunakan alamat email atau nomor telepon dan password atau kata sandi sesuai dengan akun Anda yang terkena konfirmasi identitas.
  • Selanjutnya isi formulir, Tidak perlu menggunakan link, Anda cukup memasukkan alamat email yang terkait dengan akun facebook dan nama profil.
  • Tahap berikutnya, ada beberapa hal yang akan Anda lakukan untuk verifikasi identitas diri. Maka dari itu, siapkan berkas penunjang lainnya seperti KTP, SIM, Paspor, Kartu Keluarga atau tanda jenis pengenal lainnya.
  • Unggah foto diri Anda dengan potret yang jelas atau ambil salinan ID (Kartu Tanda Pengenal Berfoto) secara langsung menggunakan kamera ponsel.
  • Jika pengisian formulir telah lengkap, klik tanda verifikasi yang tersedia di layar lalu KIRIM. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga pihak facebook selesai melakukan review terhadap data diri Anda.

Untuk mereview biasanya akan memakan waktu kurang lebih 1 hari kerja artinya 1 X 24 Jam. Tetapi proses peninjauan Anda mungkin memerlukan waktu lebih lama dari biasanya, tergantung kesibukan sistem facebook.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba opsi lainnya sesuai pilihan yang muncul pada akun Facebook yang terkena sesi atau dikunci.

Beberapa diantaranya adalah menggunakan opsi tebak foto, tebak komentar, upaya login setujui masuk dari komputer lain. Pelajari selengkapnya tentang cara membuka akun FB yang terkunci.

Kenapa Facebook Terkena Konfirmasi Identitas

Konfirmasi identitas akun FB memang sering terjadi kepada salah satu users yang dinilai telah melanggar ketentuan FB.

Biasanya pengguna terdeteksi melakukan beberapa aktivitas yang mencurigakan.

Selain itu, bisa jadi karena users terlalu berlebihan dalam mengakses FB. Bermain game dan mengklik link sembarangan juga bisa menyebabkan checkpoint pada akun Anda.

Dengan demikian pihak FB mulai melakukan konfirmasi pada akun FB Anda.

Sebenarnya ini tak membahayakan Anda tetapi hanya pihak Fb memberhentikan sementara demi kenyamanan pengguna lainnya.

Pihak FB tidak akan melakukan check point atau konfirmasi identitas akun FB jika penggunanya mengakses sesuai dengan peraturan yang ada.

Untuk konfirmasi ID seperti ini apakah ada penyebab khususnya?

Di bawah ini ada beberapa ulasan penting mengenai penyebab yang biasanya terjadi checkpoint.

Baca Juga: Cara Mengatasi Akun FB Kena Sesi.

1. Direport Seseorang

Salah satu penyebab umum yang biasa terjadi konfirmasi ID FB adalah direport oleh seseorang. Biasanya pelaporan akun terjadi jika salah satu akun dinilai sudah melewati batas kewajaran.

Pelaporan ini biasanya tak terjadi sekali tetapi bisa saja berkali-kali sehingga mendapatkan konsekuensi demikian.

2. Sering Melakukan Spam

Melakukan spam juga bisa menjadi penyebab utama akun Anda dicheckpoint. Penggunaan dan mengunggah postingan pada FB yang berlebihan.

Sama halnya seperti bermain game, mengklik link sembarangan, menggunakan auto comment dan penambah likers juga bisa berpengaruh buruk pada akun FB Anda.

3. Terdapat Aktivitas Login Akun Yang Mencurigakan

Login dari perangkat yang tak dikenali juga bisa menjadi pemicu konfirmasi ID pada akun FB Anda.

Hal ini biasanya terjadi Ketika Anda mengakses FB pada perangkat baru yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya atau juga ada seseorang yang berniat buruk yang berusaha masuk ke akun Anda.

Dengan demikian, secara otomatis pihak facebook akan melakukan penguncian akun dengan meminta identitas pemilknya.

4. Mencoba Untuk Mengganti Alamat Email Di Kontak Utama

Penyebab lainnya konfirmasi ID akun Facebook adalah mengganti alamat email pada kontak pertama.

Hal ini yang sering terjadi di beberapa users hingga mengakibatkan akunnya dikunci sementara waktu oleh pihak Facebook.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, pihak Fb melakukan pengamanan yang super ketat seperti ini adalah untuk menjaga keamanan privasi penggunanya.

Selain itu, manfaat adanya konfirmasi ID ini adalah untuk melindungi akun dari kejahatan pembobolan identitas yang nanti merugikan pemilik akun.

Cara Ampuh Agar Terhindar Dari Masalah Konfirmasi Identitas Facebook

Facebook memang memiliki beberapa fitur keamanan yang bisa membuat usernya aman. Hal ini diciptakan dengan tujuan supaya info pribadi tak bocor dengan mudah.

Setelah Anda mengetahui beragam penyebab yang memicu terjadinya konfirmasi identitas pada akun.

Kali ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konfirmasi identitas atau Checkpoint pada FB Anda.

1. Melengkapi Identitas Diri Pada Akun Facebook

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melengkapi dan mengisi identitas diri dengan benar. Anda bisa mengisinya mulai dari nama lengkap, nama panggilan hingga hobi atau kegemaran.

Pastikan pengisian data ini sesuai dengan kartu identitas Anda baik itu KTP ataupun Kartu Keluarga. Melengkapi identitas yang disarankan adalah sampai Anda mengisi minimal 70% dari keseluruhan.

Dari skors inilah yang akan membuat akun Anda terhindar dari konfirmasi identitas Facebook.

2. Mengunggah Foto atau Postingan Lainnya Minimal 5 Buah

Mengunggah foto minimal 5 buah tujuannya untuk menghindari checkpoint. Dengan Anda mengunggah sekitar 5 foto, pihak Fb juga bisa mengidentifikasi Anda dengan mudah.

Karena seperti kasus beberapa user sebelumnya, Ketika mereka mendapatkan konfirmasi identitas. Mereka di suruh untuk mengunggah salah satu foto diri sebagai verifikasinya.

3. Jangan Pernah Mencoba Login Menggunakan VPN

Jangan coba-coba masuk menggunakan jaringan VPN. Jika Anda nekat menggunakan VPN untuk mengakses FB, Ini akan menyebabkan pihak Facebook menemukan beberapa aktivitas login yang mencurigakan.

Karena Anda masuk menggunakan jaringan dan server yang berbeda. Maka dari itu, jika Anda ingin terbebas dari konfirmasi identitas/Checkpoint, jangan sekali-kali mengakses via VPN.

CATATAN: Tutorial di atas hanya bisa diterapkan pasda kasus akun FB terkunci (checkpoint). Jika akun facebook Anda mengalami konfirmasi ientitas yang disebabkan oleh pemblokiran, gunakan cara mengaktifkan kembali akun facebook yang dinonaktifkan.

Penutup

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai tata cara menghilangkan konfirmasi identitas Facebook dan penyebabnya.

Masalah ini terjadi semata-mata untuk menjaga privasi user dari hal-hal yang merugikan. Maka dari itu, agar tak terjadi hal sedemikian rupa, bijaklah dalam bersosial media dan jangan berlebihan mengaksesnya.

Tak perlu menggunakan auto comment atau penambah likers lewat Link atau situs pihak ketiga yang tidak dikenal. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Konfirmasi Identitas Facebook 2021"