Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menambahkan Kontak Terpercaya di FB, Lewat HP

Kontak terpercaya FB merupakan bagian penting untuk mengamankan akun facebook. Fitur tersebut dapat membantu sebagai pemulihan akun. Lalu bagaimana cara menambahkan kontak terpercaya di Facebook? Yuk, simak dan ikuti pannduannya di bawah ini.

Kontak terpercaya Facebook berfungsi sebagai salah satu pengaman suatu akun. Jika suatu hari akun FB Anda tidak bisa dibuka karena lupa kata sandi atau dibajak, Anda bisa menggunakan satu fitur ini untuk mengembalikannya.

Jadi, jika Anda gagal login atau masuk ke fb, cara inilah solusinya. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan kontak terpercaya di FB?

Ada dua cara yang bisa Anda coba, Anda dapat memilih cara mana yang menurut kalian paling mudah.

Cara Menambahkan Kontak Terpercaya di FB

Kontak terpercaya di  Facebook adalah salah satu fitur pengamanan privasi akun FB yang dibuat khusus bagi users. Nah, dari fitur inilah kita bisa merasakan kelebihannya.

Salah satunya adalah Ketika akun Anda dihack, lupa alamat email atau bahkan nomor telepeon tak aktif yang menyebabkan Anda gagal login.

Penggunaan trusted contact ini amat diperlukan. Karena dengan menambahkan kontak teman terpercaya kita bisa masuk ke dalam akun tanpa memasukan password ataupun email.

Cara Menambah Kontak Terpercaya di FB

Setelah Anda mengetahui fungsi dan makna apa itu trusted contact. Langkah selanjutnya adalah tata cara menambahkan kontak terpercaya FB.

Bagi Anda yang sudah tak sabar lagi. Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Melalui Smartphone

Bagi Anda sang pengguna ponsel. Tentu, penambahan trusted kontak ini dapat diakses dengan mudah melalui gadget Anda. Ada beberapa Langkah yang bisa Anda coba untuk mengaktifkannya supaya akun Anda tetap aman.

Cara menambahkan kontak terpercaya di fb:

  • Buka aplikasi Facebook yang sudah terinstall di ponsel Anda (Boleh Lite ataupun FB warna biru semua sama saja).
  • Pastikan Anda juga sudah login ke dalam akun FB Anda.
  • Kemudian klik Menu FB yang terletak di pojok kanan atas berlambangkan garis tiga lalu pilih Settings dan pilih opsi Security.
  • Setelah itu, pilih lah opsi Trusted contacts dan kemudian Add Friends.
  • Setelah Anda berhasil, silahkan tulis nama atau akun Facebook teman yang hendak Anda tambahkan dan minimal 3 orang.
  • Jika sudah selesai mendaftarkan 3 teman pilihan, terakhir klik Done untuk menyimpan seluruh data.

Itulah sedikit banyak mengenai tata cara untuk menambahkan teman ke list kontak terpercaya atau trusted contacts yang akan berguna nanti saat Ketika Anda lupa password Facebook dan bisa reset tanpa memerlukan alamat email ataupun nomor HP.

Via Browser Khusus Pengguna PC atau Laptop

Buat Anda yang gemar Facebook-an melalui PC atau computer. Tak perlu khawatir, bukan hanya menyediakan penggunaan penambahan trusted contact dengan Android atau ponsel saja.

Tetapi, Anda juga bisa mengaksesnya melalui PC. Di bawah ini ada beberapa Langkah yang bisa Anda lakukan.

Berikut cara menambahkan kontak terpercaya fb:

  • Hal pertama yang wajib dilakukan yakni, login ke akun facebook melalui browser PC Anda. Lalu klik tanda panah kecil yang berada di pojok kanan atas. Maka setelah itu akan muncul dropdown berisi opsi menu, lalu pilih lah menu “Pengaturan”.
  • Setelah berhasil ke laman Pengaturan. Selanjutnya, klik opsi pilihan “Keamanan dan info login”.
  • Kemudian, pilih juga opsi “Penyiapan Keamanan Ekstra”.
  • Selanjutnya, lihat menu “Pilih 3 hingga 5 teman untuk dihubungi jika tidak bisa masuk” kemudian klik “Edit” untuk menambahkannya. Dari sini, Anda bisa memilih sekurangnya 3 maksimal 5 akun FB teman.
  • Jika sudah memilih akun teman sebanyak minimal 3 orang hingga 5 orang. Kemudian, klik tombol “Konfirmasi” untuk menyimpan semua pembaharuan yang Anda buat.
  • Selesai, trusted contact Anda sudah berhasil disimpan. Jika ingin mengubah atau menambahkan bahkan menghapus kontak Anda tinggal klik Edit atau hapus semua.

Cara Tepat Menambah Kontak Pewaris Akun FB

Bukan hanya bisa menambahkan kontak terpercaya facebook saja. Uniknya, Facebook juga mengeluarkan fitur memukau, lho! Salah satunya menambah kontak pewaris akun FB.

Jadi, Akun Anda bisa diberikan kepada anak cucu nantinya. Di bawah ini ada Langkah yang harus Anda terapkan jika ingin akun Anda bisa diwariskan, diantaranya:

  1. Seperti pada tata cara di atas. Pastikan Anda sudah login ke dalam akun FB yang hendak diwariskan.
  2. Gulir ke bagian bawah Facebook atau klik sebuah tanda garis tiga bertumpuk pada pojok kanan atas. Kemudian, pilih menu Pengaturan & Privasi.
  3. Lalu, pilih lah Pengaturan Akun, kemudian tekan Informasi Pribadi pada menu tersebut.
  4. Klik opsi Kelola Akun, lalu pilih Kontak Pewaris.
  5. Pilih kontak pewaris kemudian Anda bisa mengikuti beberapa cara yang tersedia di layer ponsel Anda. Pastikan untuk mengakses fitur waris akun ini dan memilih akun pewaris FB, usahakan Anda sudah berusia 18 tahun keatas.

Tips Memilih Kontak Terpercaya di Facebook

Dalam memilih kontak terpercaya bagi sebuah akun FB memang tak boleh disepelekan.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, fitur ini digunakan untuk mengakses kembali FB Ketika tak bisa login tanpa melalui alamat email atau kata sandi.

Tips memiih teman sebelum ditambahkan ke kontak terpercaya di fb:

  • Pilih lah akun teman/saudara/kontak yang benar-benar sudah Anda kenal di dunia nyata. Karena dalam penambahan kontak ini perlu memerlukan komunikasi yang erat antar satu sama lain jika sewaktu-waktu terjadi kendala.
  • Pastikan Anda telah memilih akun yang masih aktif atau yang sering aktif FB-an. Karena hal ini akan mempengaruhi pihak Facebook dalam menindak lanjuti.
  • Anda juga bisa membuat akun lain untuk menjadi 3 nama kontak terpercaya. Tapi, pastikan dahulu bahwa Anda sudah berteman dan mencatat password dan email tiap akun. Cara ini dinilai efektif, mengingat beberapa teman juga tak selalu aktif tepat waktu, balasan lama dan merepotkan.

Cara Menghubungi Kontak Terpercaya di Facebook

Selanjutnya, jika Anda sudah mengetahui cara menambahkan kontak terpercaya dan tips memilihnya.

So, Langkah selanjutnya adalah cara menghubungi kontak tersebut agar bisa membantu Anda. Langkah di bawah ini bisa Anda coba Ketika tak bisa login ke akun Anda.

Cara menghubungi teman pada kontak terpercaya fb:

  • Buka dan akses Facbeook melalui ponsel atau PC.
  • Kemudian setelah Anda berhasil masuk. Klik opsi Lupa Kata Sandi? Pada laman login.
  • Setelah itu, jika diminta silahkan cari akun Anda dengan memasukkan alamat email, nomor telepon, nama pengguna, atau nama lengkap, lalu tekan ikon Cari. Cari sampai Anda benar-benar menemukan akun Anda.
  • Lihat rinci daftar alamat email yang tercantum pada akun Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke semua alamat email itu, klik opsi Tidak punya akses ke sini lagi?
  • Kemudian setelah itu, masukkan alamat email atau nomor telepon baru yang bisa Anda akses, dan jangan lupa untuk klik Lanjutkan.
  • Setelah semuanya berhasil. Langkah selanjutnya, tampilkan Kontak Tepercaya Saya dan ketikkan nama lengkap salah satu kontak tepercaya Anda.
  • Kemudian, Anda akan melihat beberapa petunjuk yang menyertakan tautan khusus. Tautan ini berisi kode pemulihan / verifikasi yang hanya bisa diakses oleh Kontak Tepercaya Anda.
  • Jika Anda sudah mendapatkan kode tersebut. Anda bisa mengirim tautan itu ke teman Anda dan minta mereka tuk membukanya.
  • Di dalam isi tautan mereka akan berisi beberapa kode login. Jika mereka sudah membukanya, Anda diperkenankan untuk meminta kode login kepada mereka.
  • Gunakan kode pemulihan tersebut dari kontak tepercaya untuk mengakses akun Anda. Maka, akun Anda akan kembali ke tangan Anda tanpa menyodorkan kata sandi ataupun email.

Itulah cara termudah dalam menghubungi kontak terpercaya facebook. Tetapi, pastikan kontak yang Anda hubungi tengah aktif atau online.

Karena ini membutuhkan komunikasi yang cepat agar tak terhambat dan kode tak kadaluarsa. Lebih baiknya lagi, jika teman yang menjadi kontak terpercaya Anda, ada di sebelah Anda.

Cara Menghapus Kontak Terpercaya di FB

Setelah mengetahui tata cara menghubungkan kontak terpercaya pada akun FB. Langkah selanjutnya, cara menghapus kontak terpercaya.

Barangkali Anda membutuhkannya Ketika Anda tak membutuhkan kontak terpercaya lagi pada akun Anda. Berikut adalah langkag-langkah penghapusannya.

Cara menghapus kontak terpercaya di facebook;

  • Seperti sebelumnya, hal pertama yang wajib dilakukan yakni, login ke akun facebook melalui browser PC Anda. Lalu klik tanda panah kecil yang berada di pojok kanan atas. Maka setelah itu akan muncul dropdown berisi opsi menu, lalu pilih lah menu “Pengaturan”.
  • Setelah berhasil ke laman Pengaturan. Selanjutnya, klik opsi pilihan “Keamanan dan info login”.
  • Kemudian, pilih juga opsi “Penyiapan Keamanan Ekstra”.
  • Setelah itu, carilah opsi bertuliskan Kontaj terpercaya / Trusted Contact pada menu tersebut.
  • Jika sudah, tekan tulisan Edit pada sub menu.
  • Setelah Anda tekan Edit, maka Anda akan disuguhkan beberapa opsi salah satunya menambah atau mengubah tetapi karena hendak menghapus maka pilih lah ospi hapus semua pada layar. Jika sudah klik simpan pembaharuan.
  • Selesai, trusted contact Anda sudah berhasil disimpan dan sudah terhapus.

Demikianlah ulasan menarik mengenai tips dan tata cara menambahkan kontak terpercaya di Facebook dengan mudah dan tepat.

Alangkah lebih baiknya, jika Anda menambahkannya dengan nama kontak teman atau saudara yang sudah saling akrab dan online di Facebook. Selamat mencoba dan semoag bermanfaat!