Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Akun Facebook Dikunci Sementara & Permanen?

Akun Facebook Anda tiba-tiba terkunci? Lalu, berapa lama akun Facebook dikunci sementara ataukah permanen? Facebook merupakan salah satu sosial media yang paling banyak dimiliki setiap orang.

Beragam fitur menyenangkan ada di dalamnya hingga tak membuat siapa pun bosan mengaksesnya. Kita bisa berbicara dan bertemu teman yang jauh serta berbagi berbagai story, foto dan video.

Menonaktifkan akun memang sudah menjadi kebijakan pihak FB. Hal ini akan terjadi jika pengguna melakukan kesalahan dan melanggar aturan FB.

Jika demikian butuh berapa lama akun Facebook yang dikunci?

Apakah penguncian ini bersifat permanen atau hanya sementara?

Simak informasi selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Berapa Lama Akun Facebook Dikunci?

berapa lama akun facebook dikunci

Facebook terkunci memang menjadi momok menyebalkan yang pernah ada. Tapi, tahukah Anda bahwa akun Facebook juga bisa dikunci pihak Facebook? Lalu, butuh watu berapa lama untuk membuka Facebook dikunci agar pulih kembali?

Facebook akan dikunci minimal 3 - 7 hari jika sebelumnya orang tersebut tidak pernah melanggar aturan kebijakan Facebook. Tetapi, jika pernah melanggar kebijakan maka akan dikunci selama kurang lebih 30 hari.

Bahkan, jika Anda melanggar lebih dari 2 kali maka akan dikunci sekitar 60 hingga 90 hari tergantung kebijakan apa yang Anda langgar.

Tentu, penguncian akun dilakukan untuk memberikan peringatan kepada user-nya. Karena telah melanggar aturan kebijakan yang dibuat oleh Facebook.

Alasan Kenapa Akun Facebook Dikunci

Setelah Anda mengetahui durasi berapa lama akun Facebook dikunci, selanjutnya ada alasan yang mendasar penyebab akun Anda terkunci.

Tentu, biasanya hal ini dilakukan karena user telah melanggar beberapa aturan yang ada secara berkala.

Maka, penguncian akun-lah menjadi salah satu alternatif tuk memberi peringatan.

Lalu, apa saja yang menyebabkan akun Facebook tiba-tiba dikunci? Simak selengkapnya penyebab penguncian akun di bawah ini!

  • Akun Facebook Anda telah di report beberapa orang.
  • Anda melakukan spam comment.
  • Membagikan status orang lain secara berkala tanpa jeda. Tidak menambahkan caption atau keterangan tambahan lainnya.
  • Terdapat aktivitas mencurigakan. Bisa seperti pembajakan akun dan sejenisnya.
  • Menggunakan Auto like agar medapatkan likers banyak.
  • Selain itu, akun dikunci juga dapat disebabkan karena adanya log in dari perangkat yang tidak di kenali. Misalnya saja mengakses Facebook via smartphone atau komputer yang belum pernah Anda pakai log in.
  • Menggunakan apps bot comment sehingga langsung otomatis tuk mengirimkan komentar juga menjadi pengaruh dalam hal ini.

Seperti yang kita ketahui, penguncian akun paling umum biasanya terjadi karena akun terdeteksi melakukan aktivitas mencurigakan.

Bukan hanya itu, beberapa orang me-report akun Anda juga menjadi penyebab mengapa akun terkunci.

Cara Mudah Mengatasi Akun Facebook Dikunci Sementara dan Permanen

Nah kini Anda telah mengetahui berapa lama akun Facebook dikunci beserta penyebabnya. Langkah selanjutnya, jika akun Anda mengalami hal semacam ini, Anda tak perlu khawatir.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda praktikan untuk membuka kembali akun Facebook yang terkunci.

  1. Langkah pertama, persiapkan lah kartu identitas Anda boleh berupa Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Pelajar atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Selanjutnya, buka akun FB dan masukan nomor ponsel atau email beserta password.
  3. Jika Anda mendapati tulisan akun terkunci sementara, klik Ya.
  4. Kemudian, pilih opsi Unggah Tanda Pengenal Berfoto lalu klik Lanjutkan.
  5. Masukkan alamat email atau nomor ponsel aktif serta nama profil Facebook (jika diminta). Sementara, untuk kolom File, masukkan kartu identitas Anda. Jika sudah, silahkan langsung klik Kirim/send.
  6. Pastikan Anda sudah mengisi kartu identitas sesuai dengan nama tuk profil FB Anda.
  7. Setelah semuanya sesuai. Maka, tunggu lah beberapa saat hingga mendapatkan pesan email.
  8. Jika Anda sudah mendapatkannya. Selanjutnya, log in ke akun dengan tautan kata sandi baru.

Namun, selain tata cara di atas. Ada beberapa cara ampuh lainnya yang juga dapat digunakan untuk mengembalikan akun fb yang terkunci. Caranya cukup mudah, diantaranya:

Cara Tebak Nama Profil Foto Teman

Memang sebeleumnya sudah saya jelaskan terkait berapa lama akun Facebook dikunci dan cara membukanya. Tebak foto dan nama profil merupakan cara yang dapat digunakan untuk membuka akun.

Anda hanya diberikan kesempatan sebanyak 3 kali saja untuk menebak 5 foto teman Facebook. Lalu, bagaimana jika gagal? Anda tetap bisa melakukannya esok hari atau setelah 24 jam. Bahkan beberapa user mengatakan cara ini juga ampuh tuk dilakukan.

Tebak Komentar Anda Sebelumnya

Cara kedua yang bisa menjadi alternatif tuk membuka akun terkunci adalah dengan menebak komentar yang pernah Anda lontarkan di beberapa foto atau status.

Hal ini sama seperti cara tebak foto teman. Anda diberikan 3 kali kesempatam tuk menebak mengenai komentar yang pernah Anda tulis di beberapa postingan.

Jika Anda gagal, Anda bisa kembali dan mencobanya dengan log in kembali besok.

Pulihkan Akun Facebook Melalui Nomor Telepon Anda

Cara yang ketiga untuk mengaktifkan akun terkunci adalah dengan memanfaatkan nomor telepon Anda. Jika akun sosial media Anda mencantumkan nomor telepon dan masih aktif.

Tentu, ini bisa dijadikan opsi mudah tuk kembali log in. Anda bisa mendapatkan kode pemulihan akun melalui SMS.

Ini seperti pertama kali Anda melakukan verifikasi pendaftaran akun Facebook.

Baca Juga: Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci.

Tips Jitu Agar Akun Facebook Tidak Dikunci

Pembahsan mengenai berapa lama akun Facebook dikunci memang harus kita pelajari. Jika Anda sudah tahu mengenai penyebab, durasi penguncian serta tata cara mengatasinya. Langkah selanjutnya, tips agar akun Facebook Anda tidak dikunci oleh pihak Facebook.

Sebaiknya Anda mematuhi beberapa kebijakan yang telah menjadi dasaran para pengguna FB. Jangan melakukan Spam komentar, tak menggunakan auto like dan comment serta tidak mengakses FB melalui perangkat yang tak dikenal.

Dengan Anda berhati-hati dalam mengakses FB, tentu Anda akan terhindar dari beberapa penonaktifan atau pemblokiran akun.

Coba lah untuk menghindari dan tak melakukan aktivitas yang berlebihan selama menggunakan Facebook.

Ingatlah, penguncian akun dapat dilakukan kapan saja tak mengenal batas waktu. Bahkan selama penguncian kita tak tahu apakah pengunciannya bersifat sementara atau permanen.

Jika sementara akun Anda akan dinonaktifkan selama 3-7 hari paling cepat dan paling lambatnya sekitar 30 sampai 90 hari. Itu tergantung dengan kesalahan apa yang Anda perbuat selama pengaksesan FB.

Lalu, penguncian permanen akan terjadi jika Anda sudah melewati batas dan banyak akun yang mereport Anda.

Dengan demikian, Anda dianjurkan untuk membuat akun baru dan tak mengulangi kesalahan untuk kesekian kalinya.

Penutup

Jadi, itulah ulasan penting mengenai berapa lama akun Facebook dikunci serta cara membukanya. Beberapa rincian tentang akun Fcebook yang terkunci sementara dan permanen bisa Anda pelajari disini.

Seperti yang kita tahu, menjaga akun media sosial memang penting di mana supaya citra kita tidak rusak dan menjaga agar akun tak di hack oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Tetaplah bijak dalam bersosial media dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Akun Facebook Dikunci Sementara & Permanen?"